Friday, June 7, 2013

Minat jadi Announcer?????

Hey kamu, yang suka banget dengan dunia music dan dunia radio. Ada info nih, gabung yu dengan Batic Broadcast.
Kamu disini bakal mendapatkan pengalaman seru mengenai dunia penyiaran. Jika kamu emang jago jadi MC, belum tentu ketika berhadapan dengan Mic dan Mixer  plus pendengar kamu bakal lancar ngomong.. -____-

Malah mungkin yang akan kamu alami adalah kikuk... :)
Sudah hampir 3 minggu, saya mengikuti pelatihan di Batic Broadcast sejak 20 Mei 2013. Dan itu asik banget. Disina saya bisa belajar banyak tentang radio. Yang pada awalnya hanya sekedar hobby denger radio. Eh, sekarang mulai bisa dikit-dikit  belajar gimana rasanya jadi seorang Disc Jokey (DJ).
Pelatihan yang diadakan selama 2 bulan ini, diisi oleh tutor-tutor professional yang datang dari berbagai macam radio di Bandung. Mereka ada dari penyiar I radio, Hits Radio, SE Radio, Hardrock, On Radio, Litta FM dll. Ga hanya itu, ketika selesai mengikuti pelatihan kalian juga akan diarahkan untuk mengikuti program magang selama 1 bulan di salah satu radio di Bandung. Buat info aja, angkatan aku yang sekarang ini merupakan angkatan yang pertama di Batic Broadcast.

Karena Founder yang juga dosen aku di Ilmu Komunikasi Jurnalistik, Kang Romel Tea, awalnya telah merintis pelatihan yang serupa dengan nama yang berbeda. Dan kini kembali di buka dengan menagement yang baru serta konsep yang berbeda pula.
Kurikulum yang di sampaikan disini ga hanya mencakup tentang radio saja. Tetapi juga lebih luas. Kita bisa belajar tentang teknik vocal,  pernapasan,  public speaking, siaran single, siaran tendem ( double penyiar), teknik menyampaikan berita di radio,  membuat program di radio, teknik interviewrequest, bahkan teknik presentasi juga akan di bahas disini.

Dan ternyata setelah saya belajar selama ini, (red 3 mingguan) jadi penyiar itu ga gampang sama sekali. Ketika saya duduk di depan mic untuk memulai siaran, perasaan yang muncul adalah grogi. Memang, di radio panca indra yang digunakan hanyalah audio. Tapi jangan salah, bahwa dengan sedikit pancaindra yang dipakai otomatis seorang DJ harus bisa membuat pendengarnya membayangkan (theater of mind) apa yang di sampaikan. Dan itu ga mudah!

Di Batic Broadcast saya ga hanya menerima berbagai teknik ini itu. Namun, untungnya  disana juga saya bisa mencoba bagaimana rasanya mengoprasikan mixer plus berbicara langsung pada pendengar. Kamu bisa bayangkan, betapa dinginnya tangan saya ketika mulai berbicara, bahkan terkadang bunyi awal yang terdengar ketika memulai bicara adalah kata “eu..eu,,,eu,,” dan itu keliru.

Yang perlu di perhatikan oleh seorang penyiar selain kelancaran berbicara juga tentang artikulasi, aksentuasi, intonasi, dan bisa menyesuaikan speed. Owh iya, ketika pertemuan di pelatihan kedua dengan mba Feny dari Litta Fm, ada yang membuat saya masih teringat sampai sekarang yakni tentang ekpresi. Dimana ketika menjadi penyiar, ekspersi menyampaikan pesan ke pendengar itu harus pas. Jika sedang sedih, ekspresikanlah sedih, jika senang maka ekspersikan dengan ceria. Jika ada yang lucu maka tertawalah.

Dan lewat pertemuan itu saya serasa di ingatkan, bahwa selama ini saya tidak menggunakan ekpresi suara itu. hmm, kalian yang type orang pendiem, kebanyakan ketika ngomong rasanya flat...iya kan?? Dan itu ga asik. Seolah-olah pesan kita ga nyampe dengan tepat. Tapi ketika kita mengaktualisasikannya di hadapan teman-teman, eh malah diketawain. Ga apa-apa,  itu sebagai langkah awal menjadi seorang humoris.
Karena apa? Seorang penyiar juga perlu punya sense of humor. Jangan telalu gila juga sih.. :D

Nah gimana? Buat kalian yang pengen bangeet,,bangett tau tentang Broadcasting. Yu gabung disini. Baticbroadcast membuka pendaftaran untuk angkatan ke-2.
Kalian bisa ikuti perkembangannya atau mungkin mau tanya-tanya bisa di

http://www.baticbroadcast.com/ atau via Twitter di
atau facebook di http://www.facebook.com/batic.broadcast.1?ref=ts&fref=ts atau dateng langsung aja ke Jl Cikutra No 267-D Bandung (Kompleks Hotel Bumi Kitri/ belakang gor c-tra)


                   Dan ini merupakan foto dari sebagian teman-teman aku di Batic Broadcast

                 I'm just sharing information to you guys who are interested in broadcasting.. :)
Reactions:

0 comments:

Post a Comment